Review Film Parasite

Balik lagi di segmen review loggersforians , kali ini penulis ingin mereview sebuah film yang bukan hanya hype tapi juga menyabet beberapa prestasi.Salah satunya datang dari mantan Presiden Amerika Serikat , Barack Obama yang mengatakan kalau film ini menjadi favortinya.

Yups, 'Parasite' adalah film asal Korea Selatan garapan sutradara Bong Joon-ho.Film ini dirilis pada bulan Juni 2019 silam di Indonesia.Bukan cuma menjadi film favorit Barack Obama , tapi film ini menjadi yang terbaik di Festival Cannes.

Bisa dibilang kalau Parasite adalah film drama yang perfek abis , sebuah sandiwara dari keluarga miskin namun pintar untuk mencipatkan bahkan mengambil alih panggung megah hingga berakhir dengan tragedi dan korban.

Sulit rasanya mengungkapkan film ini dalam satu kalimat , oleh karena saya merekomendasikan untuk membaca review ini hingga selesai.

Plot Cerita

Review Film Parasite

Di detik awal memang tidak ada yang spesial, pertama kita akan diperlihatkan dengan keluarga yang hidup serba kekurangan bernama 'Ki-taek'.Beruntungnya semua keluarga masih lengkap ,beranggotan sepasang suami istri dan kakak beradik yang keempatnya pengganguran.

Sebenarnya, ini terjadi setelah keuangan keluarga Ki-taek semakin memburuk hingga anaknya terpaksa berhenti dari kuliah.Tapi setidaknya salah satu anaknya yaitu Ki-woo sudah pernah merasakan kuliah.

Karena Ki-woo pernah merasakan kuliah , jadi ia masih punya kenalan yang memiliki karir dan pekerjaan yang tetap.Suatu hari Ki-woo bertemu dengan teman lamanya ini, selang berbincang tentang masa lalunya Ki-woo mendapatkan rekomendasi untuk menjadi guru les dengan bayaran mahal.

Melihat kesempatan itu, tentunya ia tak tinggal diam dan menerima tawaranya dengan senang hati.Di awal mungkin kalian akan berpikir begitu.Tapi gimana selanjutnya?

Keesokanya ia pun mulai menyiapkan semua berkas dan dokumen, beruntung adiknya Ki-Jung pintar soal desain menggunakan komputer.Meski tak mengemba ilmu tinggi namun Ki Jung dapat dengan mudah memalsukan ijazah dan berkas penting lain.

Review Film Parasite

Setelah semua selesai , Ki-Woo langsung pergi ke rumah keluarga Park untuk wawancara(Intinya keluarga Park ini drajatnya beda jauh , mulai dari kekayaan hingga jabatan).Setibanya disana ia bertemu dengan Yeon-kwo dan mulai mengajar anaknya Da-hye.

Di hari pertama kerja semuanya berjalan lancar , bahkan Yeon-kwo terkesan dengan cara mengajar Ki-Woo dan dengan senang hati membayar mahal kepadanya.

Awal Mula Rencana Dengan Jamuan Yang Tak Terduga

Review Film Parasite

Sejak hari pertama itulah rencana dibalik otak pintarnya Ki-Woo ini dimulai, masih ingat dengan kemampuan adiknya ? Yups , dengan siasat polos Ki-Woo berusaha merekomendasikan adiknya untuk turut bekerja disana.

Ki-Jun kini bergabung memakai topeng sebagai Jessica, yang digambarkan ahli dalam bidang seni dan memiliki tarif harga yang lebih mahal.Keesokanya, kakak beradik ini kembali datang ke rumah Park.

Kali ini Jessica yang berhasil meluluh lantakan hati Yeon-Kwo untuk bekerja sebagai pengajar seni disana.Padahal semua ilmunya cuma diambil dari hasil browsing, wtf? .Fakta unik kedua sudah kita dapat, bahwasanya kakak beradik ini pintar dan piciknya bukan main , terutama Jessica.

Waktunya Mengambil Alih Harta Telah Tiba

Review Film Parasite

Dengan bergabungnya Jessica dalam keluarga Park sudah bisa ditebak kalau sirine kuning telah berbunyi.Kini semua rencana telah di racik oleh Jessica untuk mengambil dan menjatuhkan semua orang di keluarga tersebut.

Uniknya hal itu sudah siapkan pada hari pertamanya,dengan memasang jebakan di mobil keluarga Park.Tumbang satu masuk tiga, selang beberapa hari kemudian rencananya pun berjalan lancar sopir kepercayaan keluarga Park langsung dipecat.

Pemain baru pun datang , kini Jessica kembali merekomendasikan ayahnya sendiri untuk menggantikan supir disana.Memang sih kalau ilmu itu bergunanya sampai kapanpun, untungnya semua keluarga miskin ini punya skil-nya masing.

Review Film Parasite

Tiga orang sudah masuk , yang tadinya pengganguran kini mereka sudah punya pendapatan tetap.Tapi ini belum berakhir karena rencana Jessica adalah memasukan semua anggota keluarganya untuk dapat bekerja disana.

Yups, misi terakhirnya adalah mengalahkan pembantu yang telah bekerja selama 20 tahun lebih di rumah itu.Tapi buat Jessica hanya butuh beberapa hari saja untuk menumbangkan pelayan itu hingga dipecat dan diganti dengan ibunya sendiri.

Topeng dan Rahasia Baru Yang Terungkap


Lengkap sudah , keempat anggota keluarga ini berhasil bekerja disana.Kehidupan baru mereka pun dimulai.Tapi di saat yang bersamaan kembali muncul rahasia baru yang tak terduga dan menjadi kunci utama sang sutradara untuk mencapai ending.

Kira - kira apa tuh rahasia yang terbongkar? coba tebak setelah kalian menontonya.

Berakhir dengan Tragedi Dan Rencana Baru , Akankah Mendapatkan Sekuel? 


Sepandai-pandinya tupai melompat pasti akan jatuh juga , meski ada rahasia yang sudah terbongkar bukan berarti keluarga miskin ini benar- benar jatuh .Sangat disayangkan kartu as mereka yaitu Jessica meninggal dunia karena tragedi di akhir cerita.

Beruntung keluarga miskin ini masih belum terungkap rahasianya, karena pemiliki rumah gegar otak dan dua pelaku yang tahu identitas mereka juga telah meninggal.Sayangnya , ayah Ki-Woo lari entah kemana.

Di detik akhir kita akan diperlihatkan dengan rencana baru Ki-Woo yang lebih baik dan elegan dari sebelumnya .Rancanganya kali ini bisa dibilang tidak ada bumbu licik atau kejahatan tapi membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk terwujud.

Akankah mendapatkan sekuel? saya berharap sih begitu soalnya diakhir kan cuma baru rencananya saja belum diterapkan, jadi mungkin saja Ki-Woo berusaha untuk menyelamatkan ayahnya dengan kembali ke rumah itu lagi.

Kau tahu jenis rencana yang tak pernah gagal?
Tak berencana,kenapa? Jika kau buat rencana, hidup tidak akan berakhir seperti yang direncanakan
-Ayah Ki-Woo (Parasite 2019)-

Kesimpulan & Skor


Gak kerasa udah nulis sebanyak ini, pada intinya film 'Parasite' bisa saya bilang cerita drama plo-twist terbaik tahun ini.Sang sutradara berhasil mencuri emosi penonton untuk terus mengikuti alur cerita hingga habis.

Secara keseluruhan mungkin berikut skor yang bisa saya berikan untuk film ini.






95%
Critical Plot-Twist

Creator Score

Film ini sangat direkomendasikan khusus untuk R+(remaja keatas), menghadirkan cerita yang menarik dan memberi kesan seberapa pentingnya ilmu dan skill untuk digunakan dalam kehidupan sehari - hari.
  • Plot Cerita
  • Latar Tempat
  • Soundtrack
  • Karakter