Tekloggers.com | Instagram mengumumkan aturan baru tentang iklan produk penurun berat badan dan operasi kosmetik. Instagram mengatakan, beberapa postingan yang terkait penurun berat badan akan disembunyikan dari pengguna yang berumur di bawah delapan belas tahun.

Sementara iklan yang mempromosikan produk pelangsing instan akan dihapus. Manager Kebijakan Publik Instagram Emma Collins menyebut, perusahaan ingin Instagram menjadi tempat positif bagi siapa pun.

"Kami ingin Instagram jadi tempat positif bagi semua penggunanya. Kebijakan ini merupakan upaya berkelanjutan untuk mengurangi tekanan yang kadang dirasakan sebagai akibat dari penggunaan media sosial," tutur Collins sebagaimana yang dilansir pada laman BBC, (20/9/2019).

Collins menambahkan, oleh sebab itu, Instagram sangat mempertimbangkan saran dari para ahli terkait dengan kebijakan di media sosial. Selain itu, saat ini ada banyak perhatian dari khalayak mengenai iklan penurun berat badan instan di Instagram.

Terutama iklan yang dikaitkan dengan promosi untuk mencintai tubuh sendiri kepada anak-anak muda. Aktor Jameela Jamil mengatakan, langkah Instagram merupakan sebuah kemenangan besar dalam perang melawan industri obat diet dan detoksifikasi.

Jameela mengatakan, para influencer harusnya mendukung kampanye tubuh positif, bukannya membantu mengiklankan berbagai produk diet instan seperti teh detoks, suplemen diet, dan lain-lain.

Pasalnya, produk-produk tersebut memiliki efek pencahar yang belum tentu baik bagi kesehatan juga dapat mempengaruhi kondisi mental remaja.

Sumber BBC