Tutup Tahun , WhatsApp Berhenti Bekerja Pada Jutaan Ponsel Ini

Hari ini Selasa (31/12) WhatsApp secara resmi mengumumkan bahwa aplikasinya berhenti beroperasi di semua ponsel milik Windows Phone baik Nokia Lumia dan yang lainnya.Bukan hanya di ponsel Windows saja tapi di beberapa Android juga akan berhenti bekerja.

Sekedar informasi Microsoft sendiri telah memberitahukan bahwa mereka berhenti untuk mengembangkan sistem operasi Windows Mobile.Sebuah OS yang telah dikembangkan sejak tahun 2017 ini harus menutup usia karena kalah dalam persaingan.

Microsoft bahkan menghimbau kepada para pengguna untuk beralih ke sistem operasi lain seperti KaiOS 2.5.1+, termasuk JioPhone dan JioPhone 2 atau ke pesaingnya yaitu android.Dan sejak Juli 2019 mereka sudah menarik layanan WhatsApp dari sistem operasinya.

Dikutip dari laman resmi WhatsApp , mereka mengatakan bahwa aplikasi ini bisa berhenti kapan saja pada perangkat tertentu.

"Ini adalah keputusan sulit yang kami buat, tetapi hal yang terbaik yang ingin kami lakukan adalah memberikan cara terbaik bagi pengguna untuk berhubungan," ujar WhatsApp via CNBC.

Bukan hanya itu mereka juga menyebutkan bahwa WhatsApp tidak akan lagi mendukung di ponsel Android yang masih menjalankan versi Gingerbread atau Android 2.3.7 mulai tanggal 1 Februari 2020.


Untuk produsen Apple , WhatsApp juga tidak akan bisa digunakan lagi untuk perangkat iPhone yang masih menggunakan iOS8 kebawah dan sepenuhnya akan dihapus mulai 1 Feburari 2020.

Mereka memberi batas waktu untuk segera memperbarui OS nya hingga awal Feburari.Jika tidak dilakukan maka penggunaa tidak akan bisa memverifikasi ulang akun yang sudah ada.

Alasan utama WhatsApp menghentikan dukungan ini karena fitur terbaru mereka nantinya akan semakin membutuhkan sumber daya yang berat mulai dari RAM dan kompatibilitas pada OS yang baru.

Hingga berita ini diterbitkan tercatat lebih dari 1.5 miliar pengguna menggunakan aplikasi WhatsApp setiap bulanya dan tidak menutup kemungkinan kalau dari milyaran pengguna tersebut masih ada yang menggunakan OS Windows ataupun sistem operasi yang sudah tidak didukung.