Dari berbagai genre yang ada dalam cerita anime, jenis romance adalah salah satu genre yang paling digemari.Bagaimana tidak, meski hanya tampil dalam bentuk animasi 2D tapi latar cerita hingga karakter yang dibawakan benar-benar memberikan kesan baper kepada para penonton.

Pada artikel kali ini penulis ingin memberikan 20 daftar anime romance terbaik yang harus kamu tonton.Penasaran apa saja? berikut adalah daftarnya: 

1.Kimi No Nawa - Your Name

20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik  | Your Name

Diurutan nomor satu jelas Kimi No Nawa, anime yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya karena dibuat langsung oleh kreator ternama yaitu Makoto Shinkai.Kimi No Nawa sendiri berfokus menceritakan dua anak sekolah bernama Taki dan Mitsuha yang tinggal di tempat berbeda.

Taki tinggal di perkotaan sedangkan Mitsuha hidup di pedesaan terpencil.Entah karena takdir atau kejadian spritual dari kekuatan yang dialami Mitsuha mereka berdua dapat bertukar tubuh dan berpindah tempat.Seiring berjalanya waktu , kejadian tersebut pun terhenti hingga akhirnya Taki memutuskan untuk pergi menemui Mitsuha.

2.Koe No Katachi - The Silent Voice


Lanjut di posisi kedua yaitu Koe No Katachi meski bukan buatan dari Makoto Shinkai .Dari segi cerita , karakter dan visual , anime ini bisa dibilang mendekati kata sempurna bahkan ratingnya tak tergoyahkan hingga sekarang.

Koe No Katachi menceritakan cowok nakal bernama Ishida.Suatu hari datanglah murid baru bernama Nishimiya yang memiliki kekurangan fisik yaitu bisu alias tidak bisa berbicara.Bukannya di bantu Ishida justru membuly anak baru tersebut habis - habisan selama sepanjang sekolah SD-nya.

Namun , hal yang dilakukan oleh Ishida dinilai terlalu kelewatan hingga ia mendapati karma dan dijauhi oleh teman - teman-nya sendiri.Sejak lulus sekolah SD ia selalu menyesali perbuatanya , berharap dapat bertemu kembali dengan Nishimiya dan meminta maaf kepadanya.

3.Tenki No Ko - Weathering With You


Anime yang cukup populer baru - baru ini ternyata juga buatan dari Makoto Shinkai.Meski ratingnya tak sebagus Kimi No Nawa tapi Tenki No Ko cukup sukses dipasaran bahkan pendapatan di minggu pertamanya berhasil mengalahkan anime Kimi No Nawa.

20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Yang Bikin Baper

Jika di Your Name karakter cowok yang hidup di perkotaan, maka di Tenki No Ko ini justru Si Hina lah yang hidup di kota dan memiliki kekuatan untuk mengendalikan cuaca seperti hujan.Dibalut dengan visual grafis yang ciamik membuat kisah cinta dari dua orang tersebut makin ngefeel abis.

4.Kimi No Suizo Wa Tabetai - I Want To Eat Ur Pancreas

20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Yang Bikin Baper

Diurutan ke-empat yang juga mendapatkan adapatsi Live-Actionya yaitu I Want To Eat Your Pancreas.Seminggu sebelum dirilis , anime ini  sudah menjadi perbincangan warganet.I Want To Eat  Your Pancreas sendiri menawarkan kisah cerita yang bikin penonton nangis di ending.

Anime ini menceritakan murid SMA yang memiliki penyakit kanker bernama Sakura Yamauchi.Suatu hari di rumah sakit ia bertemu dengan teman satu sekolahnya dan meminta untuk mengabulkan beberapa permintaan sebelum kondisinya semakin kritis.

Suka Live-Action ? yuk tonton 7 Rekomendasi Live-Action Romance-Komedi Terbaik

5. 5 Centimeters Per Second

20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Yang Bikin Baper

Kalau yang satu ini terbilang cukup unik , karena dalam satu film ada tiga episode dengan jalan cerita yang berbeda .Jadi kalau kamu tidak menyimak adegan secara seksama maka susah untuk memahami ending cerita.Penulis menyarankan anime ini karena kisah yang ditawarkan mampu merubah suasana hati para penonton.

6.Shigatsu Wa Kimi No Uso - Your Lie In April.

20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Yang Bikin Baper

Satu lagi  yang nggak kalah keren yaitu Your Lie In April.Jika sebelumnya lebih condong kepada kehidupan sekolah dan supranatural kalau yang ini lebih condong pada tema musik .Yups, Shigatsu Wa Kimi No Uso menceritakan anak SMP bernama Arima Kousei yang menjadi seorang pianis profesional sejak kecil.

Namun hal itu tak berlangsung lama ketika ibunya meninggal .Ia mulai jenuh dan meninggalkan kehidupan-nya sebagai pianis.Dua tahun kemudian Arima bertemu dengan musisi lain bernama Miyazono Kaori.Dirinya yang dulu jenuh dengan musik kini bersama dengan Kaori mulai mendapatkan kembali kemampuannya untuk memainkan piano.

Tonton Juga : 4 Anime Movie Yang Masuk Nominasi Piala Oscar

7.Kokoro ga Sakebitagatterunda - The Anthem of the Heart


Kalau di Koe No Katachi yang kena karma itu si cowoknya yaitu Ishida, maka di anime ini yang kena karma adalah gadis perempuan bernama Naruse Jun.Sebelumnya, Jun adalah seorang gadis yang ceria dan suka berbicara apapun bahkan kata yang harusnya tak pantas ia ucapkan.Akibat perkataanya itu kedua orang tuanya harus berpisah.

Selang beberapa tahun setelah kejadian , 'Peri Telur' muncul mengutuk Jun agar tidak bisa berbicara lagi .Jun yang tadinya ceria kini hanyalah seorang gadis pediam , pemurung dan tidak memiliki teman.

8.Saekano Season 1 & 2

20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Yang Bikin Baper

Urutan nomor tujuh yang menjadi favorit penulis setelah your name yaitu Saekano.Anime ini terbilang cukup ringan untuk dinikmati di awal .Karena menampilkan kisah yang tidak begitu lebay apalagi dibalut dengan sentuhan komedi yang lucu.Tapi ketika mulai di episode pertengahan hingga akhir mungkin pandangan kalian akan berbeda drastis setelah menontonya.

9.Nisekoi - False Love


Anime yang masih saja hype sampai sekarang yaitu Nisekoi .Hal yang cukup mencolok di anime ini dan sering dijadikan perdebatan oleh kaum wibu yaitu karakter perempuan atau main heroine dalam ceritanya.

Seperti judulnya anime Nisekoi bercerita tentang kisah cinta palsu dari Kiraski Chitoge dan juga Raku .Mereka berdua berpura -pura pacaran agar kedua keluarga tidak bertengkar dan menyebabkan kericuhan.

10.Darling In The FranXX

20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Yang Bikin Baper

Bagi yang suka genre action maka Darling In The Franxx adalah pilihan yang cocok.Anime ini berlatarkan cerita di masa depan dimana bumi dan populasi manusia telah hancur berantakan.Kala itu setiap anak yang lahir akan dimasukan kedalam plantation agar tidak terusik dari kejamnya dunia luar.

Ketika beranjak dewasa setiap anak akan dilatih untuk menaiki Franxx demi melawan iblis mengerikan.Suatu hari seorang wanita berparas cantik bernama Zero Two muncul untuk memimpin regunya Hiro.

11.Sheisuna Buta Yarou wa Bunny Senpai Girl

20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Yang Bikin Baper

Anime ini bercerita pada Mai Sakarujima , seorang aktris terkenal yang mengidap sindrom misterius .Sindrom ini dapat membuat dirinya tidak dikenal, bahkan orang di sekitarnya tidak bisa melihat sosoknya.Hanya Sakuta Azusagawa saja yang dapat melihat Mai Sakurajima.Sejak saat itu Sakuta bertekad untuk memecahkan misteri sindrom tersebut bersama dengan Mai.

12.Oregairu

20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Yang Bikin Baper

Anime yang cukup populer dikalangan wibu karena menampilkan sosok karakter "yang gw banget".Oregairu bercerita pada anak sekolahan bernama Hachiman yang memiliki pendirian tetap dan anti sosial.Suatu hari karena tidak mengerjakan essay ia dipaksa untuk bergabung ke klub relawan oleh Hiratsuka Sensei.Seiring berjalannya waktu Hachiman mulai memahami arti dari bersosial dan berteman meski hanya dalam lingkup klub saja.

13.Domestic Na Kanojo

20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Yang Bikin Baper

Dari segala kisah romance bisa dibilang Domestic Na Kanojo adalah juaranya dalam NTR dan juga 'Cinta Segitga' yang rumit.Anime ini bercerita pada Natsuo Fujii yang sejak lama memendam rasa pada gurunya, Hina.Suatu hari Natsuo diajak temanya untuk mengikuti kencan buta dan bertemu dengan gadis aneh bernama Rui.

Tanpa ia duga ternyata Rui memiliki kepribadian yang unik dan memiliki gairah terhadap Natsuo.Setelah pertemuan yang tak biasa ini  Natsuo justru menghadapai masalah baru.Pasalnya ibu dari Hina menikah dengan ayahnya Natsuo , dan lagi Rui merupakan adik dari Hina.bjirr gan..

14.Clannad

20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Yang Bikin Baper

Clannad bercita pada Okazaki Tomoya , seorang siswa SMA kelas tiga yang membenci hidupnya. Ibunya telah meninggal sejak ia masih kecil dan ayahnya adalah pecandu alkohol.Kedua hal ini membuat dirinya semakin depresi.Hingga suatu hari ia bertemu dengan gadis bernama Furukawa Nagisa.Sejak saat itu perlahan dengan berjalannya waktu Tomoya mulai menemukan jalan hidupnya yang baru.


15.Hyouka

20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Yang Bikin Baper

Meski lebih condong ke cerita anak sekolahan biasa , tapi bumbu romance tetap terasa karena sejak awal episodenya anime ini mengisahkan tentang anak SMA bernama Oreki Hotarou yang memiliki sifat pintar dan pemalas dan bertemu dengan gadis penasaran bernama Chitanda Eru.

16. 3D Kanojo : Real Girl

20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Yang Bikin Baper

Apa jadinya jika seorang otaku yang tidak punya teman disukai oleh gadis tercantik di sekolahnya?Itulah kisah utama yang dihadirkan pada anime ini.Menawarkan kisah romance yang cukup unik anime 3D Kanojo : Real Girl ini tidak boleh kamu lewatkan.

17.Tamako Market & Tamako Love Story

20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Yang Bikin Baper

Buat kamu yang suka jalan cerita yang santai tapi tetap memberikan kesan , maka Tamako Market (versi serial ) dan Tamako Love Story ( versi movie) adalah dua franchise yang cocok untuk menemani hari libur kamu dikala tidak punya tontonan lain.

18.Go Toubun no Hanayome

20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Yang Bikin Baper

Anime ini bercerita pada Fuutarou Uesagi, siswa kurang mampu namun pintar. Suatu hari ketika dirinya ingin memberikan les privat , ia terkejut mengetahui orang yang akan dibimbing ternyata lima saudara kembar yang merupakan teman kelasnya.Kisah romantis - komedi ini pun dimulai hingga Fuutaro menikah dengan salah satu dari lima gadis tersebut.

Lagi nyari anime buat hari libur? , yuk baca 6 Anime Movie Ringan Yang Patut Kamu Tonton Di Kala Libur

19.Masamune-kun No Revenge

18 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Yang Bikin Baper

Sesuai dengan judulnya anime ini hadir menceritakan kisah balas dendam dari Makabe Masamune, anak gendut yang sering diejek oleh gadis cantik bernama Adagaki Aki.Setelah berlatih keras selama beberapa tahun Masamune berhasil berubah menjadi laki-laki tampan dan populer di sekolahnya.Sejak saat itu Masamune berencana untuk membalas perbuatan Adagaki terhadapnya di masa lalu.

20.Tsurezure Children

20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Yang Bikin Baper

Terakhir yang nggak kalah seru yaitu Tsurezure Children .Berbeda dengan yang sudah penulis sebutkan diatas.Anime yang satu ini justru menampilkan kisah romance dengan balutan komedi yang kental didalamnya.Para penonton akan dibuat tertawa dengan aksi konyol para siswa sekolah yang baru mengerti tentang berpacaran.

Itulah tadi ke 20 Rekomendasi Anime Romance Terbaik .Dari daftar tersebut kira-kira mana nih yang ingin kamu tonton lebih dulu? dan bagi kalian yang memilliki rekomendasi lain bisa tulis judul animenya di kolom komentar.