"Visual ciamik dengan plot cerita yang dikemas rapih" , mungkin adalah salah satu kata yang tepat untuk mengungkapkan betapa kerenya animasi ini.Pada postingan kali ini penulis bukan ingin membahas tentang anime yang sedang naik daun seperti Tenki No Ko karangan Makoto Shinkai , melainkan animasi yang bisa dibilang sudah lama dirilis berjudul "Spirited Away".

Seperti yang penulis catat sebelumnya anime ini pertama kali tayang di layar kaca pada tahun 2001 silam , berarti sudah hampir 18 tahun ulasan ini dibuat setelah animenya rilis.Terus apa bagusnya sih anime jadul kayak gini kok sampai dibuat review segala? pertama kali yang ada dipikirkan orang mungkin seperti itu tapi lain cerita kalau kamu sudah menontonya hehe.

Plot Cerita

Spirited Away
Say "Hi" To Spirited Away
Spirited Away atau dalam bahasa jepangnya Sen To Cihiro no Kamikakushi adalah animasi besutan Studio Ghibli , meski sudah lama tayang anime ini kerap kali masuk peringkat teratas di platform MAL.Spirited Away menceritakan sanak keluarga dari kota yang hendak pindah ke pedesaan untuk memulai kehidupan barunya.

Seorang anak dari keluarga tersebut bernama Cihiro sangat tidak menyukai lingkungan rumahnya yang baru dan ingin cepat kembali ke tempat asalnya.Namun hal tak terduga terjadi ketika mereka sekeluarga mencari jalan  ke rumah barunya.

Ditengah perjalanan mereka tersesat di sebuah hutan yang lebat , alih - alih memutar kemudi untuk kembali Sen beserta orang tuanya malah terus menyusuri jalan setapak di hutan tersebut hingga akhirnya terhenti pada sebuah pos yang didepanya ada kuil lusuh yang tidak pernah terpakai.


Karena penasaran , Cihiro bersama dengan orang tuanya masuk menyusuri kuil tersebut hingga menemukan sebuah tempat yang seharusnya tidak boleh dikunjungi.Singkat plot , ibu dan ayah Cihiro ini dikutuk menjadi seekor Babi karena memakan sesajian tanpa permisi dulu dari pemiliknya.Demi menyelamatkan orang tuanya , Cihiro sebagai anak rela bertugas menjadi pembantu sebagai bawahan dari penyihir jahat di tempat tersebut bernama Madame "Yubaba".

Mulai dari situ akan ada banyak petualangan seru yang membuat para penonton berpikir dua kali apa benar anime ini pertama kali tayang 18 tahun yang lalu?...

Karakter Tokoh


Setelah melewati kuil dan masuk ke tempat terlarang, mulai dari sini akan ada banyak sekali karakter- karakter unik yang ditampilkan di anime ini .Salah satunya adalah Haku orang yang selalu membantu dan juga menemani Cihiro.Kalau berbicara persahabatan dua tokoh ini bisa menjadi inspirasi yang menarik untuk kalian terapkan di kehidupan sehari-hari.

Si Tanpa Wajah Bersama Sen Dalam Kereta Hantu
Bukan cuma itu akan ada banyak sekali tokoh - tokoh unik yang ternyata selalu menjadi hype baik dijadikan meme atau bahkan cosplay yaitu "Si Tanpa Wajah" , sosok mahluk halus berpakaian serba hitam mengenakan topeng berwarna putih dengan penampilan yang cukup menyeramkan, meski begitu dirinya selalu besikap baik terhadap Cihiro.

Visual Grafis

review spirited away

Berbicara soal grafis penulis tidak akan membahas banyak hal, tapi kalo boleh memberi skor mungkin 8/10 adalah nilai yang pas untuk sekelas anime yang telah tayang sejak 18 tahun lalu. Secara keseluruhan Studio Ghibli dapat menyelaraskan plot ceritanya dengan gaya visual grafis yang benar - benar mantul.Baik penggambaran karakter hingga pemandangan di setiap adeganya bikin penonton takjub, apalagi ceritanya memang bertemakan petualangan di dunia fantasi.

Soundtrack Music

review spirited away

Meski anime ini bergenre adventure , tapi di sepanjang film kita malah disuguhkan dengan setelan musik yang benar - benar kalem.Suasana pedesaan di tengah laut benar - benar semakin terasa dengan iringan musik nya.Soundtrack anime ini sendiri dibawakan oleh Yumi Kumira berjudul "Always With Me"

Kesimpulan

Secara keseluruhan , menurut penulis anime ini memang sangat cocok untuk ditonton baik dikala senggang , libur atau sekedar menemani chill time dikala banyak tugas atau pekerjaan yang numpuk.Meskipun beberapa orang bilang kalau anime ini sudah tidak layak ditonton karena termakan zaman mungkin ada baiknya kalian menonton terlebih dahulu sebelum berkomentar tanpa tau isi ceritanya.



98%
Very Recomended

Creator Score

Anime movie yang satu ini sangat direkomendasikan untuk ditonton karena menampilkan kisah petualangan yang sangat seru , hampir semua bumbu genre masuk ke dalam anime ini mulai dari horor misteri , petualangan hingga kisah persahabatan
  • Plot Cerita
  • Karakter Tokoh
  • Visual Grafis
  • Soundtrack