simjacker

Tekloggers.com | Baru-baru ini perusahaan AdaptiveMobile Security menemukan celah keamanan pada ponsel bernama Simjacker yang memungkinkan hacker dapat memata-matai dan mendapatkan informasi dari perangkat korban.


Bagaimana Simjacker ini Bekerja?


Cara kerja Simjacker

Simjacker ini memberi celah keamanan bagi hacker untuk menyerang secara individual kepada calon korbannya dengan mengirimkan SMS. SMS yang dimaksud bukan yang biasanya kita pakai, melainkan berisikan kode-kode khusus untuk mengendalikan ponsel pengguna.

Pengamat sekuriti dan aplikasi finansial , Vaksincom Alfons Tanujaya melihat kejadian tersebut kalau si peretas ini hanya menggunakan modem GSM. Dari perangkat tersebut dikirimkan SMS berisi perintah  yang bisa mengirimkan informasi korban.

"SMS-nya bukan SMS biasa, tapi kode khusus untuk perintah dan itu tidak kelihatan di fitur SMS penerima. Jadi, korban tidak tahu kalau dieksploitasi data-data di ponselnya," ucap Alfons.

SMS tersebut memanfaatkan celah dari S@T browser yang terdapat pada SIM card. Memang S@T browser bukan fitur umum, tetapi fitur ini hanya diketahui oleh operator seluler dapat berfungsi menjalankan perintah, seperti menampilkan pop up, memutar nada, menjalankan browser, dan lainnya.

AdaptiveMobile Security mengatakan bahwa celah keamanan SIM Card tersebut berpotensi menjangkit lebih dari 1 miliar SIM Card yang tersebar di 30 negara, seperti di Amerika, Afrika Barat, Eropa, Timur Tengah, dan negara yang penduduknya memakai SIM Card lain nya, Indonesia memang tak tercantum akan tetapi bukan tidak mungkin kalau Simjacker ini digunakan oleh hacker indonesia?

Editor : Khatami Yasser